BURSA INOVASI DESA – PROGRAM INOVASI DESA

Program Inovasi Desa (PID) merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mewujudkan agenda Nawa Cita Pemerintah dalam upaya mencapai RPJMN 2015-2019. PID dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas Desa sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang selanjutnya disebut UU Desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan Desa secara berkualitas, agar dapat meningkatkan produktivitas rakyat dan kemandirian ekonomi serta mempersiapkan pembangunan sumber daya yang memiliki daya saing. PID dilaksanakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT), khususnya pada Unit Kerja Eselon I Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Ditjen PPMD) dengan dukungan pendanaan melalui pinjaman Bank Dunia, yaitu Loan IBRD 8217 ID.

Salah satu tahapan pokok PID adalah pelaksanaan Bursa Inovasi Desa yang selanjutnya disebut BID, sebagai sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa sekaligus sebagai wahana pertukaran pengetahuan dan inovasi Desa. Pada Tahun Anggaran 2019 BID dilaksanakan disetiap kecamatan dan/atau klaster beberapa kecamatan dan merupakan bagian tak terpisahkan dari model Pengelolaan Pengetahuan dan Inovasi Desa (PPID) mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa.

BID merupakan media belajar bagi masyarakat dan Pemerintah Desa untuk memperoleh informasi (referensi) yang dapat mendukung pembangunan Desa. BID dilaksanakan untuk membantu Desa dalam meningkatkan kualiatas kegiatan-kegiatan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat yang akan didanai oleh Dana Desa dengan menyajikan inspirasi dan alternatif pilihan kegiatan-kegiatan bagi pembangunan Desa dan pemberdayaan masyarakat yang dinilai inovatif dan terbukti berhasil.

Panduan Teknis Bursa Inovasi Desa – Program Inovasi Desa (BID – PID) Tahun Anggaran 2019 merupakan pejelasan teknis lebih lanjut dari Keputusan Direktur Jenderal PPMD Nomor 02 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Bantuan Pemerintah Program Inovasi Desa Tahun Anggaran 2019, khususnya yang berkenaan dengan penggunaan dana tersebut untuk kegiatan BID.

Maksud dan Tujuan
BID dimaksudkan untuk menjembatani kebutuhan Pemerintah Desa akan pilihan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka penggunaan Dana Desa yang lebih efektif dan inovatif. Adapun tujuan pelaksanaan BID adalah :

  1. Melakukan sosialisasi kebijakan-kebijakan PID, alur kegiatan dan pelaku-pelaku program;
  2. Memperkenalkan inisiatif atau kegiatan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat yang dinilai inovatif, yang berkembang di masyarakat dan desa-desa, dalam menyelesaikan masalah dan mendukung peningkatan kualitas pembangunan;
  3. Menjaring inisiatif atau kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang
    belum terdokumentasi;
  4. Menjaring komitmen Pemerintah Desa untuk mengadopsi atau mereplikasi inisiatif atau
    kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang inovatif;
  5. Sebagai ruang konsultasi desa dalam pelaksanaan dukungan Penyedia Peningkatan
    Kapasitas Teknis Desa (P2KTD).

Hasil Yang Diharapkan

Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan BID adalah:

  1. Pemangku kepentingan mengetahui kebijakan-kebijakan PID, kegiatan-kegiatan yang dijalankan termasuk komponen PPID dan P2KTD, serta para pelaku program,
  2. Terbangunnya dukungan dan kerjasama dari pemangku kepentingan dalam pelaksanaan PID dan penyelenggaraan BID;
  3. Tersedianya Dokumen Pembelajaran tentang kegiatan-kegiatan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat yang inovasi, yang berkembang di masyarakat dan desa-desa, dalam menyelesaikan masalah dan mendukung peningkatan kualitas pembangunan Desa;
  4. Terjaringnya inisiatif atau kegiatan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat yang belum terdokumentasi;
  5. Terjaringnya komitmen Pemerintah Desa untuk mengadopsi atau mereplikasi inisiatif atau kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang inovatif dari BID;
  6. Terjadinya interaksi antara pemangku kepentingan pembangunan desa dengan P2KTD dalam mendukung perencanaan dan pembangunan desa.

Pengerasan Jalan Usaha Tani Blok Brangkulon (Urugan Padas)

28 September 2019 dempet 0

Pengerasan Jalan Usaha Tani Blok Brangkulon (Urugan Padas) Dilaksanakan pada tahun 2019 dengan menggunakan Sumber Dana dari Dana Desa Tahap II, dalam pembangunan ini Pemerintah Desa Dempet telah Menggelontorkan Dana Sebesar RP. 20.000.000; Pekerjaan ini dilaksanakan Oleh TPK (Tim Pengelola Kegiatan) Desa Dempet, Dimensi ukuran pembangunan ini mencapai panjang 115 Detail…..

Betonisasi Jalan RT 06 RW 07 Depan Rumah Pak Marwan

28 September 2019 dempet 0

Betonisasi Jalan RT 06 RW 07 Depan Rumah Pak Marwan Dilaksanakan pada tahun 2019 dengan menggunakan Sumber Dana dari Dana Desa Tahap II, dalam pembangunan ini Pemerintah Desa Dempet telah Menggelontorkan Dana Sebesar RP. 34.150.000; Pekerjaan ini dilaksanakan Oleh TPK (Tim Pengelola Kegiatan) Desa Dempet, Dimensi ukuran pembangunan ini mencapai Detail…..